Monday, May 21, 2007

berlibur di kota Solo

*Salah satu pintu masuk sudut Kota Solo*

Solo atau Surakarta, disebut juga sebagai kota Budaya, memiliki banyak seni dan budaya disamping mempunyai keraton dan Pura mangkunegaran.

Surakarta (juga disebut Solo atau Sala) adalah nama sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Surakarta berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur, Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan, dan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar di sebelah barat. Sisi timur kota ini dilewati sungai yang termasyhur, Bengawan Solo, yang menjadi inspirasi bagi terciptanya lagu dengan judul yang sama oleh Gesang. Saat ini Surakarta dipimpin oleh Ir. Joko Widodo ("Jokowi") sebagai walikota dan F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota.

Berdirinya Surakarta tidak terlepas dari sejarah Mataram, karena pernah menjadi pusat pemerintahan. Setelah pembagian Mataram, Surakarta menjadi pusat pemerintahan Kasunanan Surakarta, dan selanjutnya juga Mangkunegaran. Bagian Mataram yang lain berpusat di kota Yogyakarta. Latar belakang ini menjelaskan 'persaingan' yang sering muncul dalam pengembangan kebudayaan Jawa di wilayah ini, seperti tampak pada ungkapan "tari Jawa 'gaya Solo' dan 'gaya Yogya'."


No comments: